Syarat Diterima di Unilever

Apakah kamu ingin mendaftar di perusahaan ini? Jika ya, maka pastikan mengetahui syarat diterima di Unilever terlebih dahulu. Untuk persyaratan melamar di perusahaan ini sebenarnya hampir sama dengan perusahaan lainnya.

Hanya saja, beberapa lembaga mungkin mempunyai standar tersendiri dalam memberikan syarat kepada calon karyawan. Oleh sebab itulah, apabila kamu tertarik untuk bergabung bersama Unilever, sebaiknya dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

Daftar Syarat Diterima di Unilever

Bisa menjadi karyawan dari perusahaan Unilever ternyata menjadi salah satu impian bagi sebagian besar orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar dan terkenal di Indonesia.

Setiap tahunnya, Unilever sebenarnya membuka lowongan pekerjaan di berbagai posisi mulai untuk lulusan SMA hingga jenjang pendidikan lebih tinggi. Jika tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini, maka silahkan simak beberapa syarat agar diterima perusahaan Unilever berikut:

  • Pria dan Wanita
  • Usia 18 sampai 23 tahun (untuk S1 usia 30 tahun)
  • Pendidikan minimal SMA/SMK
  • Tinggi badan pria minimal 160 cm dan Tinggi badan wanita minimal 155 cm
  • Tidak cacat fisik
  • Tidak bertindik dan bertato

Daftar Berkas Lamaran Yang Harus Dibawa

Selain persyaratan di atas, kamu juga perlu menyiapkan sejumlah berkas lamaran untuk melakukan pendaftaran. Berkas tersebut adalah sejumlah dokumen yang juga menjadi syarat untuk pendaftaran dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan.

Berkas lamaran ini juga akan menentukan apakah kamu nantinya diterima atau tidak oleh perusahaan Unilever. Apabila sudah sesuai dengan kriteria yang berlaku, maka akan melewati tahap wawancara dan tahap berikutnya.

Baik untuk fresh graduate ataupun tidak, berkas lamaran tersebut sama. Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah berkas lamaran yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu.

1.     Surat Lamaran

Berkas paling penting yang harus dibawa adalah surat lamaran kerja dimana menjadi kualifikasi para pendaftar pekerjaan. Karena sebagai kualifikasi, maka surat lamaran harus memenuhi dan sesuai dengan posisi yang dilamar.

Oleh sebab itulah, kamu harus membuat surat lamaran ini sebaik mungkin agar diterima oleh perusahaan Unilever. Terlebih lagi nantinya akan memberikan informasi mengenai diri kamu secara sederhana.

2.     Curriculum Vitae

Curriculum Vitae (CV) juga menjadi berkas lamaran ke Unilever yang tidak boleh dilewatkan. Di dalamnya berisi tentang riwayat hidup dari calon pelamar seperti nama lengkap, alamat, riwayat pendidikan hingga pengalaman yang dimiliki.

Jika surat lamaran kerja dapat kamu buat dengan gaya formal, tetapi untuk CV dapat kamu buat semenarik mungkin dan bahkan stand out. Karena itulah, kamu harus mendesain CV agar menarik dan menggunakan warna tepat.

3.     Salinan Ijazah

Syarat berupa salinan Ijazah menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi oleh para pendaftar di PT Unilever Indonesia. Kamu bisa memfotokopi ijazah terakhir atau sesuai dengan posisi yang dilamar.

Untuk salinan ijazah tersebut harus sudah mempunyai legalisir dari lembaga pendukung seperti sekolah atau universitas. Ijazah dapat digunakan oleh pihak HRD untuk mengetahui bagaimana prestasi akademik yang dimiliki.

4.     Fotokopi KTP dan KK

Berkas lainnya yang harus kamu lampirkan adalah fotokopi KTP dan KK. Walaupun beberapa perusahaan tidak memberikan syarat KK, tetapi pihak Unilever mengharuskan kamu menyertakannya.

Terlebih lagi berkas tersebut bisa disiapkan apabila sudah sampai ke beberapa tahap lamaran pekerjaan. Namun tetap untuk KK biasanya masih bersifat opsional.

5.     Pas Foto Terbaru

Persyaratan lainnya adalah pas foto terbaru dan biasanya berukuran 2×3, 3×4 atau 4×6. Untuk latar belakang dari pas foto bisa berupa merah dan biru dan siapkan stok sebanyak mungkin sebagai cadangan.

6.     Surat Kuning dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Berkas lamaran berikutnya yang harus dibawa adalah surat kuning atau AK1 dari pihak Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Fungsinya adalah untuk mengetahui sejauh mana informasi dari jumlah dari para tenaga kerja yang tersedia.

Selain itu, juga harus membawa surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK yang menjadi syarat umum dan standar. Surat tersebut dapat dibuat di kantor polisi sesuai dengan alamat di KTP.

Kesimpulan

Unilever menjadi salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di berbagai bidang seperti makanan, minuman hingga kebutuhan rumah tangga. Tidak heran kalau banyak dari kamu mencari syarat dan berkas lamaran agar diterima di perusahaan tersebut.

Jika kamu ingin diterima di perusahaan ini, maka sebaiknya siapkan syarat serta berkas lamaran dengan baik. Pastikan jangan sampai salah menyiapkan syarat diterima di Unilever Indonesia.

Sumber:

  1. Referensi Nesaelearning.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar