Perbandingan Antara Besi dan Baja

Perbandingan Antara Besi dan Baja

Besi dan baja merupakan material bangunan yang sama-sama memiliki permintaan tinggi di bidang industri pembangunan. Namun sebenarnya keduanya mempunyai perbedaan cukup signifikan terutama dalam hal harga di pasaran.

Perbandingan Antara Besi dan Baja

Kedua material ini memang terlihat sama, namun sebenarnya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Anda pun bisa melihatnya dari segi paling sederhana yakni harga di pasaran. Selain itu juga dapat mempertimbangkan dari segi suara pengecoran.

  • Harga di Pasaran

Daya tahan yang dimiliki oleh baja membuat bahan material ini lebih mahal apabila Anda bandingkan dengan harga besi di pasaran. Selain itu hal ini juga didasari atas pembuatan baja membutuhkan waktu relatif lama.

Hal ini karena material besi sudah tersedia secara alami di alam sehingga hanya perlu mengambilnya langsung. Dengan begitu, baja harus menjalani proses pengolahan yang lebih rumit dan panjang dalam skala pabrikan.

  • Suara Pengecoran

Perbedaan berikutnya yakni berada pada segi suara pengecoran yang mungkin banyak orang masih kurang memperhatikannya. Besi dan baja ini akan menghasilkan bunyi berbeda selama proses di cor dari awal sampai selesai.

Besi memiliki kemampuan untuk meredam getaran suara karena sifat alami logamnya. Ketika dipukul dengan palu, suara yang tercipta tidak begitu nyaring. Sementara apabila memukul permukaan baja justru muncul bunyi “trang” cukup kras.

  • Percikan Api

Terakhir adalah percikan api yang menjadi perbedaan utama pada saat pengecoran sedang berlangsung. Besi dan baja sama-sama menghasilkan api ketika keduanya sedang digerinda namun bunga api yang muncul tentunya berbeda.

Pada besi, ketika material ini digerinda maka akan menghasilkan bunga api yang banyak dan juga besar. Sementara pada baja, bunga apinya cenderung lebih kecil dan sedikit karena kandungan karbonnya juga rendah.

Itulah tadi ketiga perbedaan besi dan baja menurut harga di pasaran, suara pengecoran dan juga percikan api yang muncul selama digerinda. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan pada saat sedang bingung memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar