Kata Kata Undangan Pernikahan Simple dan Elegan

Undangan pernikahan adalah salah satu hal yang penting dalam persiapan pernikahan. Undangan pernikahan tidak hanya berfungsi sebagai pemberitahuan kepada para tamu undangan, tetapi juga sebagai media untuk menunjukkan identitas dan gaya dari pasangan pengantin.

Kata Kata Undangan Pernikahan Simple dan Elegan

Oleh karena itu, memilih kata kata undangan pernikahan yang tepat adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik.  Ada banyak gaya dan tema yang bisa kalian pilih untuk undangan pernikahan kalian, mulai dari yang formal, santai, romantis, humoris, hingga religius.

Namun, jika kalian ingin membuat undangan pernikahan yang simple dan elegan, maka ada beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan Kami akan memberikan beberapa tips dan contoh kata kata undangan pernikahan yang simple dan elegan.

Kami juga akan menjelaskan mengapa kata kata undangan pernikahan itu penting, dan apa saja yang harus kalian perhatikan saat membuatnya. Simak pembahasannya di bawah ini

Mengapa Kata Kata Undangan Pernikahan Itu Penting?

Kata kata undangan pernikahan adalah salah satu elemen penting dalam sebuah undangan pernikahan. Kata kata undangan pernikahan adalah cara kalian untuk menyampaikan informasi penting tentang pernikahan kalian, seperti tanggal, waktu, tempat, acara, dan lain-lain. Kata kata undangan pernikahan juga adalah cara kalian untuk mengungkapkan rasa syukur, harapan, dan doa kalian atas pernikahan kalian. Kata kata undangan pernikahan juga adalah cara kalian untuk menunjukkan kepribadian, gaya, dan selera kalian sebagai pasangan.

Oleh karena itu, kata kata undangan pernikahan harus dipilih dengan hati-hati dan disusun dengan baik. Kata kata undangan pernikahan harus sesuai dengan tema dan konsep pernikahan kalian, serta mencerminkan suasana hati dan nuansa yang kalian inginkan. Kata kata undangan pernikahan juga harus sopan, santun, dan menghormati tamu undangan. Kata kata undangan pernikahan juga harus jelas, mudah dipahami, dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Kata Kata Undangan Pernikahan?

Saat membuat kata kata undangan pernikahan, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, antara lain:

  • Tujuan. Apa tujuan kalian membuat kata kata undangan pernikahan? Apakah kalian ingin mengundang tamu undangan secara resmi atau informal? Apakah kalian ingin menyampaikan informasi penting atau sekadar berbagi cerita? Apakah kalian ingin menarik perhatian atau sekadar memberi tahu? Tujuan kalian akan menentukan gaya bahasa, nada, dan kata kata yang kalian gunakan.
  • Tema. Apa tema pernikahan kalian? Apakah kalian mengadakan pernikahan tradisional atau modern? Apakah kalian mengadakan pernikahan di gedung atau di luar ruangan? Apakah kalian mengadakan pernikahan dengan warna atau motif tertentu? Tema pernikahan kalian akan menentukan suasana, nuansa, dan kata kata yang kalian gunakan.
  • Audience. Siapa saja yang akan kalian undang? Apakah kalian mengundang keluarga, sahabat, rekan kerja, atau orang lain? Apakah kalian mengundang orang yang dekat atau jauh? Apakah kalian mengundang orang yang tua atau muda? Audience kalian akan menentukan tingkat formalitas, kesopanan, dan kata kata yang kalian gunakan.
  • Format. Bagaimana format undangan pernikahan kalian? Apakah kalian membuat undangan pernikahan dalam bentuk kertas, kartu, digital, atau lainnya? Apakah kalian membuat undangan pernikahan dengan ukuran, bentuk, warna, atau desain tertentu? Format undangan pernikahan kalian akan menentukan panjang, tata letak, dan kata kata yang kalian gunakan.

Bagaimana Cara Membuat Kata Kata Undangan Pernikahan yang Simple dan Elegan?

Setelah kalian menentukan tujuan, tema, audience, dan format undangan pernikahan kalian, kalian bisa mulai membuat kata kata undangan pernikahan yang simple dan elegan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian ikuti:

  • Pilih kata kata yang singkat, padat, dan jelas. Undangan pernikahan yang simple dan elegan tidak perlu menggunakan kata kata yang terlalu panjang, berlebihan, atau bertele-tele. Cukup gunakan kata kata yang esensial dan informatif, seperti nama pengantin, tanggal, waktu, tempat, dan alamat pernikahan. Hindari penggunaan kata kata yang ambigu, tidak baku, atau tidak sopan.
  • Pilih kata kata yang sopan, hormat, dan menghargai. Undangan pernikahan yang simple dan elegan juga harus menggunakan kata kata yang menunjukkan rasa hormat dan penghargaan kepada para tamu undangan. Gunakan kata kata yang sopan, seperti “mengundang”, “mohon”, “bersedia”, “berkenan”, dan sebagainya. Hindari penggunaan kata kata yang terlalu informal, seperti “ajak”, “datang”, “mau”, dan sebagainya.
  • Pilih kata kata yang sesuai dengan tema dan suasana pernikahan. Undangan pernikahan yang simple dan elegan juga harus menggunakan kata kata yang sesuai dengan tema dan suasana pernikahan yang kalian inginkan. Misalnya, jika kalian ingin membuat pernikahan yang bernuansa islami, maka kalian bisa menggunakan kata kata yang mengandung ayat-ayat Al-Qur’an, hadits, atau doa. Jika kalian ingin membuat pernikahan yang bernuansa romantis, maka kalian bisa menggunakan kata kata yang mengandung puisi, pantun, atau ungkapan cinta.

Contoh Kata Kata Undangan Pernikahan Simple dan Elegan

Berikut adalah beberapa contoh kata kata undangan pernikahan yang simple dan elegan yang bisa kalian jadikan inspirasi atau referensi:

Contoh 1

Dengan memohon rahmat dan ridho Allah SWT, kami bermaksud menyelenggarakan akad nikah dan resepsi pernikahan putra-putri kami:

Rizky Pratama Putra dari Bapak Agus Pratama dan Ibu Siti Rahayu
Nadia Kusuma Putri dari Bapak Budi Kusuma dan Ibu Rina Wati

Yang insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 25 Desember 2023
Waktu: Pukul 09.00 – 11.00 WIB (Akad Nikah) Pukul 11.00 – 13.00 WIB (Resepsi) Tempat: Gedung Serbaguna Banyumas Jl. Jenderal Sudirman No. 123, Purwokerto

Mengingat pentingnya acara ini, kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i untuk memberikan doa restu kepada kedua mempelai. Atas kehadiran dan doa restunya, kami mengucapkan terima kasih.

Contoh 2

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan mengucap syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk menghadiri acara pernikahan putra-putri kami:

Ahmad Fauzi Putra dari Bapak Abdul Hamid dan Ibu Nurul Hidayah
Siti Aisyah Putri dari Bapak Muhammad Ali dan Ibu Fatimah Zahra

Yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Minggu, 26 Desember 2023
Waktu: Pukul 08.00 – 10.00 WIB (Akad Nikah) Pukul 10.00 – 12.00 WIB (Resepsi) Tempat: Masjid Al-Hikmah Jl. Raya Purwokerto No. 456, Banyumas

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum: 21)

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir untuk memberikan doa dan restu kepada kedua mempelai. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan barokah kepada kita semua. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh 3

Dengan penuh rasa syukur dan bahagia, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk turut serta dalam acara pernikahan putra-putri kami:

Rama Aditya Putra dari Bapak Dedi Setiawan dan Ibu Yuli Astuti
Shinta Larasati Putri dari Bapak Eko Prasetyo dan Ibu Dian Puspita

Yang akan berlangsung pada:

Hari/Tanggal: Senin, 27 Desember 2023
Waktu: Pukul 10.00 – 12.00 WIB (Akad Nikah) Pukul 12.00 – 14.00 WIB (Resepsi) Tempat: Hotel Grand Majestic Jl. Ahmad Yani No. 789, Purwokerto

“Dan di antara segala sesuatu Kami ciptakan pasangan-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz-Dzariyat: 49)

Kehadiran dan doa restu Bapak/Ibu/Saudara/i merupakan suatu anugerah dan kebahagiaan bagi kami. Terima kasih atas perhatian dan partisipasinya.

Contoh 4

Salam sejahtera,

Dengan sukacita kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk hadir dalam acara pernikahan putra-putri kami:

Adi Prasetya Putra dari Bapak Fajar Prasetya dan Ibu Eka Sari
Lia Wijaya Putri dari Bapak Guntur Wijaya dan Ibu Hana Indah

Yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Selasa, 28 Desember 2023
Waktu: Pukul 11.00 – 13.00 WIB (Akad Nikah) Pukul 13.00 – 15.00 WIB (Resepsi) Tempat: Rumah Makan Padang Sari Ratu Jl. Merdeka No. 101, Purwokerto

“Cinta bukanlah sekedar pandangan pertama, tetapi perhatian yang terus menerus.” (M. Scott Peck)

Kami sangat menghargai dan mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i dalam acara yang bersejarah bagi kami ini. Semoga acara ini menjadi awal dari kebahagiaan dan keberkahan bagi kami. Terima kasih.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh kata kata undangan pernikahan yang simple dan elegan yang bisa kalian gunakan atau modifikasi sesuai dengan selera dan kebutuhan kalian. Kata kata undangan pernikahan yang simple dan elegan adalah salah satu cara untuk membuat undangan pernikahan yang menarik dan berkesan.

Dengan menggunakan kata kata yang singkat, padat, jelas, sopan, hormat, menghargai, dan sesuai dengan tema dan suasana pernikahan, kalian bisa membuat undangan pernikahan yang simple dan elegan tanpa mengurangi makna dan pesan yang ingin kalian sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar