Jenis Kabel dalam Teknik Elektronika

Jenis Kabel dalam Teknik Elektronika

Kabel merupakan salah satu jaringan yang menghubungkan barang-barang elektronik dengan arus listrik. Kabel saat ini menjadi kebutuhan wajib lantaran hampir semua teknologi pasti membutuhkan keberadaan benda tersebut.  Penyusunan kabel terbuat berdasarkan penerapan teknik elektronika.

Mengenal  Jenis Kabel dalam Teknik Elektronika

Teknik Elektronika merupakan salah satu bidang yang mempelajari hal berkaitan dengan komponen listrik, arus, tegangan, dan elemen dalam teknologi tertentu. Seseorang yang mengambil jurusan teknik elektronika tidak akan lepas dari berbagai persoalan berkaitan dengan arus listrik.

Contoh poin yang harus dipelajari oleh seseorang dengan jurusan pendidikan teknik elektronika yaitu membedakan jenis kabel. Hal ini lantaran setiap kabel memiliki jenis berbeda-beda sesuai dengan panjang, ukuran, dan masih banyak lagi.

Kabel sendiri mempunyai peran sebagai penghubung benda satu pada aliran arus listrik. Tanpa kabel listrik tidak dapat mengaliri suatu benda yang nantinya berpengaruh dalam cara kerja. Teknik elektronika berpacu pada pembahasan kabel dengan tegangan listrik rendah.

Kabel adalah salah satu benda yang mempunyai panjang tertentu dan terbuat dari kawat. Kabel yang telah terbuat nantinya akan dialiri arus listrik sehingga bisa berfungsi dan digunakan. Susunan listrik terdiri dari komponen isolator dan konduktor. Berikut ini jenis- jenis kabel yang wajib untuk diketahui:

1. Kabel NYA

Teknik Elektronika seringkali mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kabel salah satunya jenis Nya. Kabel ini banyak digunakan untuk kebutuhan instalasi dalam bangunan seperti rumah ataupun perusahaan. Jenis ini memiliki bentuk seperti tabung dan elemen yang sangat tipis.

2. Kabel NYM

Mirip dengan NYA, kabel satu ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil dan tipis. keberadaannya juga seringkali digunakan untuk instalasi sebuah bangunan. Penggunaan kabel ini sangat pas untuk lingkungan dengan udara lembab. Kabel ini sebaiknya tidak digunakan dengan cara ditanam.

3. Kabel NYFGbY

Kebutuhan listrik dengan perlindungan keamanan penuh dan sangat direkomendasikan oleh semua orang yang ahli dalam teknik elektronika terdapat pada kabel NYFGbY. Kabel ini bisa digunakan di dalam tanah ataupun ruangan terbuka dengan tekan suhu tertentu sehingga jauh lebih awet.

Jenis kabel di atas umumnya seringkali menjadi pembahasan dalam jurusan teknik elektronika. Masing-masing jenis tentu saja memiliki peran dan kekurangan, oleh sebab itu penggunaan harus tepat. Pastikan menggunakan kabel yang sesuai SNI dan rekomendasi ahli teknik elektronika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar