Isi Perjanjian Rental Mobil Untuk Konsumen

Isi Perjanjian Rental Mobil Untuk Konsumen

Sebagai penyewa sangat penting kiranya mengetahui perjanjian saat rental mobil. Apalagi kebutuhan akan kendaraan roda empat ini cukup meningkat. Mobil memang banyak dipilih untuk berbagai jenis perjalanan. Mulai dari bisnis, wisata, mudik, dan sebagainya.

4 Isi Perjanjian Rental Mobil Untuk Konsumen

Sudah bukan rahasia lagi kalau rental mobil banyak dipilih saat harus bepergian jauh. Terutama untuk mereka yang memang tidak memiliki kendaraan tersebut. Namun, sebelum memutuskan rental, pastikan Anda tahu apa saja perjanjian saat proses kesepakatan berlangsung.

1. Data-data yang Harus Disiapkan

Pertama, ada data atau dokumen yang harus disiapkan oleh penyewa. Dokumen yang dimaksud berkenaan dengan data pribadi. Hal ini dilakukan untuk mengikat kepercayaan pihak jasa. Mulai dari nama, pekerjaan, dan identitas resmi lainnya.

Kedua belah pihak juga harus mengetahui secara transparan riwayat kendaraan yang disewa. Mulai dari merk mobil, nomor polisi, kondisi atau performa mesin, dan sebagainya.

2. Masa Atau Durasi Sewa

Saat proses perjanjian, hal yang tidak mungkin ketinggalan adalah durasi pemakaian. Jasa rental mobil Salsa Wisata memberikan beberapa opsi mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan. Perlu ditekankan bahwa penyewa harus mengembalikan mobil rental sesuai tanggal.

Apabila kesepakatan ini tidak terpenuhi atau penyewa telat dalam pengembalian. Perusahaan boleh mengenai sanksi sesuai kesepakatan seperti denda. Oleh karenanya apabila ada niatan tambah waktu segera konfirmasi ke pihak jasa.

3. Kewajiban Penyewa

Selanjutnya ada kewajiban bagi penyewa kendaraan. Perlu diketahui jasa rental mobil ini juga tertuang dalam undang-undang KUHP. Di mana penyewa harus menggunakan mobil sewaan dengan sebaik mungkin. Tidak hanya itu, sebagai penyewa diwajibkan berkendara dengan hati-hati.

Biaya yang harus dikeluarkan sesuai dengan kesepakatan. Misalnya saat rental mobil bulanan maka biaya harus dibayarkan sesuai perjanjian tersebut. Di dalam surat tertulis harga sewa apakah termasuk bahan bakar atau hanya mobil saja.

4. Kewajiban Perusahaan

Perusahaan jasa rental mobil yang profesional harus benar-benar memastikan kendaraan aman saat digunakan pelanggan. Pastikan bebas dari gangguan selama masih dalam perjanjian. Apabila terjadi kerusakan akibat kelalaian pihak jasa, perusahaan harus menyiapkan mobil pengganti.

Itulah perjanjian yang harus diketahui saat akan rental mobil. Pastikan keempat perjanjian tersebut dipaparkan secara jelas oleh kedua belah pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar