Hal Wajib Anda Cek pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Bagi Anda yang hendak menggunakan jasa rental mobil terdekat untuk melakukan perjalanan jauh, maka penting sekali mengecek beberapa hal. Meskipun hanya menyewanya, namun sebagai customer harus tetap peduli dan waspada sebelum berangkat.

Hal Wajib Anda Cek pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

3 Hal Wajib Anda Cek pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Salah satu alasan mengapa seseorang memilih untuk menyewa mobil adalah karena keterbatasan armada ketika mereka hendak pergi bersama rombongan. Mungkin saja ketika Anda harus mudik ke luar kota dengan keluarga besar sehingga memerlukan mobil berkabin luas. Namun sebelumnya cek komponen berikut:

  • Air Radiator

Pertama, Anda bisa mengecek bagian air radiator terlebih dahulu. Pastikan bahwa kondisinya dalam keadaan penuh dan juga air reservoir berada di batas level. Jadi tidak harus terlalu penuh namun sudah ada di batasannya.

Selain itu, Anda juga bisa memeriksa bahwa selang radiator dan penghubung ke reservoir masih dalam keadaan baik. Apabila menemui bagian yang retak atau menggelumbung, segeralah meminta ke pihak rental mobil terdekat untuk menggantinya.

  • Selang dan Filter Bensin

Selanjutnya berhubungan dengan bahan bakar yakni selang dan filter. Pastikan bahwa bagian ini tidak mengalami kebocoran. Akan sangat bahaya apabila Anda nekat membawanya dalam perjalanan jauh dalam kondisi bocor.

Selain itu, cek juga bagian filter bensin sedang tidak tersumbat. Khusus bagi mobil yang dilakukan servis secara rutin, pastinya komponen ini selalu dalam kondisi bersih. Namun tidak ada salahnya jika Anda tetap mengeceknya.

  • Oli Mesin

Terakhir, Anda bisa mengecek bagian oli mesin masih mempunyai volume yang cukup. Cara mengeceknya adalah dengan memeriksa level menggunakan stik oli. Jumlahnya barus berada di antara tanda L – F.

Seharusnya juga berada di bawah garis level F. Jika masih kurang, Anda bisa meminta untuk ditambahkan oli secukupnya. Pastikan juga bahwa batas kilometernya masih cukup digunakan dalam perjalanan jarak jauh agar tetap aman.

Beberapa pelanggan jasa rental mobil terdekat memang seringkali lalai dalam memperhatikan hal tersebut. Alhasil, ada-ada saja hal-hal yang tidak diinginkan justru terjadi selama di perjalanan sehingga mengganggu kenyamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar