Cara Melakukan Diet Sehat

Umumnya, banyak orang melakukan diet untuk mengecilkan atau menurunkan berat badan. Padahal, esensi diet sendiri membantu menjaga gaya hidup agar tetap sehat dan menghindari konsumsi lemak berlebih yang dapat memberi efek samping serius pada tubuh.

Cara Melakukan Diet Sehat

Cara Melakukan Diet Sehat

Sebenarnya melakukan diet sehat tidaklah sulit. Namun, tetap harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, apakah sudah mengandung nutrisi serta gizi yang dibutuhkan tubuh atau tidak. Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, simak ulasan di bawah ini!

  • Tidak Bergantung Pada Nasi

Menerapkan diet sehat agar gaya hidup tetap terjaga yakni dengan tidak menggantungkan kebutuhan karbohidrat hanya kepada nasi. Ada banyak jenis karbohidrat yang juga memiliki kandungan sama bahkan lebih bernutrisi daripada beras, seperti kentang, ubi jalar, gandum, dan lain sebagainya.

Dibandingkan dengan karbohidrat bertepung putih atau olahan, mereka memiliki lebih banyak serat dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Di beberapa kondisi, bahan makanan tersebut juga mampu mengatasi sembelit.

  • Konsumsi Lebih Banyak Sayuran dan Buah

Anda harus mengkonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayuran yang berbeda setiap hari, sesuai anjuran. Kedua bahan makanan ini bisa dijus, dikeringkan, dikalengkan, dibekukan, atau dikonsumsi dalam keadaan segar.

Selain itu, jika ingin menambahkan gula, sebaiknya gunakan takaran yang dianjurkan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gigi karena makanan-makanan manis. Memaksimalkan konsumsi kedua bahan makanan tersebut guna memenuhi kebutuhan tubuh.

  • Konsumsi Lebih Banyak Ikan

Selain memiliki banyak vitamin dan mineral, ikan merupakan sumber protein yang luar biasa. Cobalah makan setidaknya dua kali makan ikan setiap minggu dan salah satunya harus berminyak. Lemak omega-3, yang banyak terdapat pada ikan berminyak, dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Adapun beberapa jenis ikan berminyak yang dapat Anda konsumsi, seperti salmon, sarden, ikan kembung, dan ikan trout. Sedangkan ikan tidak berminyak meliputi tuna, cod, plakat, serta lainnya. Ikan-ikan ini dapat dikonsumsi segar maupun dalam kaleng.

Itu tadi informasi berkaitan dengan cara melakukan diet sehat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar gaya hidup terus terjaga.. Perhatikan serta perhitungkan dengan baik setiap makanan yang dikonsumsi apakah dapat memberi pengaruh buruk pada tubuh atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar