4 Keuntungan Menggunakan PLC

Penggunaan PLC dalam kehidupan sehari-hari memang cukup penting apapun dalam bidang industri. Ini digunakan untuk berbagai macam kepentingan. Oleh karena itu tidak heran apabila perusahaan banyak ikut PLC class.

Keuntungan Menggunakan PLC

PLC adalah sebuah sistem yang digunakan untuk membantu berbagai macam pekerjaan. Terdapat berbagai macam kelebihan yang ditawarkan dalam menggunakan sistem komputerisasi ini. Berikut ini adalah beberapa keunggulan jika bergabung dengan kelas plc :

  • Fleksibel

Penggunaan perangkat sistem membutuhkan banyak sekali pengelolaan untuk berbagai macam perangkat. Misalnya saja jika terdapat 5 mesin maka perlu 5 pengendali juga. Hal ini dapat teratasi dengan menggunakan PLC.

Anda cukup menggunakan PLC saja dan banyak perangkat yang bisa dijalankan menggunakan berbagai macam program tersebut. Melalui sistem perkabelan maka semakin sedikit beli yang digunakan. Anda tidak perlu memberikan banyak uang untuk menempatkannya.

  • Harga Murah Meriah

Jika melihat fleksibilitas, PLC menjadi salah satu jawaban yang tepat untuk dijadikan sebagai perangkat. Harganya lebih murah dibandingkan dengan lainnya. Pada saat sistem relay masih banyak menggunakan pengabelan yang memakan banyak biaya.

PLC menawarkan perkabelan yang cukup sederhana. Ini bisa dilakukan dengan jumlah kabel yang tidak terlalu banyak. Hal ini karena PLC sudah mencakup relay, timer, counter, sequencer, dan juga beberapa fungsi lainnya.

  • Jumlah Kontak yang Cukup Banyak

Pada dasarnya, dapat banyak kontak yang bisa dipilih melalui PLC. Tentu saja Ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Tidak hanya dari segi finansial, tetapi juga sisi instalasi. Ini jauh lebih sederhana dan mudah dibandingkan dengan penggunaan relay.

PLC keluaran Allen Bradley memiliki jumlah kontak kurang lebih 16-32 kontak. Ini menyediakan kurang lebih 4-8 kontak.

  • Melakukan Pemograman

Pada dasarnya, PLC mempunyai kelebihan di mana sistemnya dapat diprogram secara ulang dengan tepat dan cepat bahkan saat program sedang dijalankan. Salah satu sistem diubah atau dikoreksi maka bisa dilakukan dengan pemrograman di komputer secara tepat waktu dan singkat. Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai kelas PLC dan keuntungannya. Memberikan kemudahan untuk para penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar