Categories
Informasi

Tips Membuat Logo Merek Agar Sesuai dengan Karakter Brand

Logo merupakan bagian yang tidak kalah penting dan harus dipersiapkan saat akan mulai usaha. Karena logo merek dapat membantu memperkuat brand di pasaran. Bahkan masyarakat terkadang hanya dengan ditunjukkan logo saja mereka sudah tahu itu merek apa. Di sisi lain, juga ada tips membuat logo merek yang harus diperhatikan.

Tips Membuat Logo

Logo diibaratkan sebagai wajah atau gambaran dari suatu brand produk atau perusahaan. Sehingga dalam pembuatannya tentu tidak boleh asal karena harus bisa merepresentasikan suatu usaha. Logo juga akan menjadi identitas dari usaha tersebut dan diikutisertakan dalam pendaftaran merek.

  • Pahami Visi dan Misi Perusahaan

Setiap usaha tentu memiliki tujuan serta target visi dan misi. Pasti ada latar belakang serta seluk beluk mengapa perusahaan tersebut berdiri. Untuk memudahkan proses pembuatan logo, maka sebaiknya pahami juga visi dan misi perusahaan.

Sehingga logo yang dibuat dapat mewakili karakteristik dan keunggulan dari produk maupun perusahaan yang dibangun. Sehingga logo juga bisa menjadi identitas yang tepat dan sesuai dengan nama brand.

  • Memiliki Filosofi

Logo dapat dibuat baik dalam bentuk huruf saja, gambar, maupun kombinasi gambar dan huruf. Dalam membuat logo juga harus memperhatikan penggunaan warna yang tepat agar tidak terkesan norak dan terlalu kontras dengan karakter brand.

Bentuk, warna, dan kombinasi keduanya dari logo brand harus memberikan makna dan filosofi tersendiri yang berhubungan dengan produk dan bisnis tersebut.

  • Sederhana

Logo yang bagus dan menarik adalah sederhana dan mudah diingat oleh masyarakat. Anda mungkin akan mudah terngiang dengan brand NIKE hanya dengan melihat logo tanda centang atau produk Apple dengan logo buah apelnya. Tanpa harus menyebutkan nama, orang sudah tahu logo tersebut dari brand apa.

Itu artinya semakins sederhana suatu logo, maka akan semakin mudah diingat oleh masyarakat. Namun, logo juga harus merepresentasikan karakter dari brand atau bisnis tersebut. Jika sudah menemukannya, jangan lupa untuk mendaftarkan nama dan logo merek di Indonesia trademark registration.

Tips membuat logo merek di atas dapat membantu Anda untuk menentukan logo apa yang untuk memperkuat nama merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *