Categories
Uncategorized

Pentingnya Mematenkan Produk dengan Jasa Pendaftaran Merek

Merek merupakan branding suatu produk barang atau jasa sebagai identitas yang dikenal dan diingat oleh pasar. Merek yang sudah terkenal akan lebih mudah diingat dan menciptakan pelanggan yang melakukan repeat pembelian. Untuk itu penting agar mematenkannya di jasa pendaftaran merek.

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Pendaftaran Merek?

Agar produk yang Anda jual memiliki value yang diingat dan dikenal masyarakat, maka buatlah merek dari produk tersebut. Sehingga orang-orang akan mengingat produk tersebut ketika ingin membeli produk dengan kategori yang sama.

Berikut ini alasan mengapa menggunakan jasa pendaftaran merek:

  • Melindungi Merek dari Pembajakan

Pembajakan atas suatu merek sudah banyak dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Sehingga seringkali Anda jumpai di pasar produk-produk dengan merek tertentu namun ternyata kualitasnya KW. Jika pemilik merek ternyata belum mendaftarkan merek tersebut, maka sulit untuk membuat laporan.

Oleh karena itu, pemilik merek harus mendaftarkan merek dari produk barang atau jasa yang dijual untuk menghindari terjadinya pembajakan atau penggunaan merek produk tanpa hak. Jika sudah terdaftar, maka Anda bisa mengajukan laporan tindak pidana saat menemukan aksi pembajakan.

  • Memiliki Hak Eksklusif Atas Merek

Merek yang telah terdaftar akan menjadi hak eksklusif atas pemilik merek dari produk tersebut. Artinya tidak ada orang lain yang boleh menggunakan merek tersebut tanpa seizin pemilik merek. Anda pun juga lebih bebas untuk eksplor dan mengembangkan produk atas nama merek tersebut.

Pihak-pihak lain yang ingin membuat merek yang sama pun tidak akan bisa lagi karena merek tersebut sudah terdaftar atas milik Anda secara sah. Kecuali jika ada pihak yang ingin menjalin kerja sama dengan sistem franchise atau lainnya.

  • Penanda Identitas Produk

Branding adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat penting untuk membuat produk barang atau jasa yang Anda jual lebih dikenal masyarakat. Orang-orang jadi lebih mudah untuk mengingat produk tersebut dengan merek yang telah dibuat.

Merek tidak hanya sekedar nama, namun ada unsur lain yang juga harus dijaga orisinalitasnya. Unsur tersebut terdiri dari logo, gambar, kata, nama, angka, huruf, susunan warna, bentuk, dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin melindungi merek dari produk barang atau jasa yang dijual, maka segera daftar di jasa pendaftaran merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *