Categories
Kesehatan

Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Cara Alami

Menyembuhkan batuk berdahak secara alami tentu sangat bisa dilakukan. Mengingat ada banyak sekali obat herbal yang mampu mengatasi penyakit tersebut. Metode ini cocok digunakan untuk Anda yang mungkin memiliki alergi atas obat berbahan kimia atau lainnya.

Beberapa Metode Menyembuhkan Batuk Berdahak Dengan Cara Alami

Batuk berdahak merupakan salah satu penyakit yang sangat membuat tidak nyaman dan mengganggu banyak aktivitas. Terlebih, kondisi seperti itu bisa dialami oleh siapapun dengan berbagai macam penyebabnya. Untuk itu, berikut beberapa cara penyembuhan secara alami.

  • Konsumsi Jus Nanas dan Madu

Dilansir dari salah satu Website yaitu Sangkakala.id, untuk bisa mengobati batuk berdahak dengan alami adalah mengonsumsi jus nanas. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang ada didalamnya berupa enzim bromelain. Manfaatnya ialah guna mengatasi peradangan.

Selain nanas, cara lain yang dapat menyembuhkannya secara alami adalah dengan rutin mengonsumsi madu. Untuk mengobatinya, sangat disarankan agar dikonsumsi pada saat sebelum tidur. Tapi metode ini tidak diperuntukkan kepada anak-anak kecuali anjuran dokter.

  • Jahe dan Thyime

Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami berikutnya yaitu dengan mengonsumsi jahe. Hal tersebut dikarenakan kandungan antiperadangan mampu mengurangi intensitas batuk terutama berjenis kering. Ada baiknya agar dikonsumsi bersamaan teh tanpa gula.

Thyme menjadi obat herbal selanjutnya yang dapat menyembuhkan batuk berdahak. Meskipun lebih dikenal sebagai bumbu dapur, namun cara ini tergolong cukup berkhasiat dapat mengatasinya. Caranya pun mudah, seduh thyme sebanyak dua sendok teh saja.

  • Uap dan Perbanyak Minum Air

Perlu Anda ketahui, untuk bisa mengatasi batuk berdahak dapat dilakukan dengan cara mandi air hangat ataupun menghirup uap. Metode ini dianggap cukup efektif dalam mengobati penyakit tersebut. Tambahkan sedikit minyak esensial agar aromanya menyegarkan.

Cara yang lebih sederhana dari semua metode sebelumnya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sebab, pada saat batuk, sangat penting dalam menjaga cairan yang ada ditubuh Anda. Hal tersebut tentu diklaim manjur guna mengobati batuk secara alami.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa metode menyembuhkan batuk berdahak dengan cara alami. Terlepas dari obat herbal diatas, tentu akan lebih baik lagi jika didukung oleh pola hidup yang sehat. Pasalnya, hal itu merupakan salah satu dari sekian banyak penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *