Hal yang Bisa Bikin Wawancara Kerjamu Jadi Lancar

Mau lolos wawancara kerja? Sering gagal saat seleksi wawancara? Tak perlu putus asa. Cukup simak beberapa hal berikut agar proses wawancara kerjamu lancar.

Sering gagal saat wawancara kerja? Sulit menjawab pertanyaan pewawancara? Mungkin, kamu perlu solusi alternatif agar proses wawancara kerjamu lancar.

Wajar jika wawancara saat kerja seringkali jadi momok mendebarkan bagi para pencari kerja. Terutama buat para pemula yang masih fresh graduate. Sehingga, tak jarang membuat para kandidat pun merasa seperti mau menyerah.

Namun, kamu tak perlu putus asa. Simak strategi berikut yang perlu kamu cermati dan lakukan sebagai alternatif agar bisa lolos tes wawancara kerja.

Strategi agar Lancar Hadapi Seleksi Wawancara Kerja

Bukan sebuah rahasia lagi, seleksi wawancara seringkali membuat kandidat tak lolos seleksi. Jika pengalaman tersebut sering kamu alami, maka kamu perlu strategi yang tepat supaya bisa menghadapi wawancara. Adapun hal yang perlu kamu perhatikan saat wawancara kerja yaitu :

1.      Jaga Attitude

Bukan sekedar keahlian atau pengalaman kerja saja. Namun, nyatanya attitude atau kepribadianmu sangat berpengaruh saat proses wawancara. Baik untuk kamu pribadi maupun oleh pihak HRD yang mewawancarai.

Karena, menjaga kepribadian dengan laku sopan santun, ramah dan menghormati, lebih disukai oleh kebanyakan HRD.

Jika HRD sudah mendapat kesan attitude yang baik maka proses wawancara akan berjalan lancar.

Kenapa? Jelas karena suasana menjadi lebih santai mengingat HRD sudah merasa dihormati sebagai pihak yang hendak mewawancarai kamu.

Dengan begitu, secara otomatis, kamu pun juga akan merasa lebih rileks dalam menjawab setiap pertanyaan HRD.

Jadi, aspek attitude yang menjaga kesopanan atau kepribadian adalah aspek pertama yang harus kamu jaga saat melamar lapangan pekerjaan.

2.      Tunjukkan Antusiasme

Antusias berarti menandakan bahwa kamu memang bersemangat untuk bekerja. Aspek ini seringkali dikesampingkan atau tak disadari oleh pelamar kerja, khususnya para fresh graduate.

Untuk memberikan kesan antusias seperti ini, kamu cukup perlu memberikan kesan percaya diri saat berhadapan dengan HRD.

Kepercayaan diri bisa kamu tunjukkan dengan hal-hal kecil, seperti ramah, senyum, dan menggunakan nada yang cenderung tegas namun tak berlebihan. Sehingga, kesan yang diterima HRD cenderung menganggapmu sebagai orang yang percaya diri dan antusias.

Tentu saja, hal ini menjadi penting sebagai alternatif agar wawancara kerjamu jadi lancar. Dengan begitu, potensi kamu untuk diterima kerja semakin berpeluang besar.

3.      Perhatikan Komunikasi Non Verbal

Sedikit berkaitan dengan attitude, kamu juga perlu untuk memperhatikan komunikasi non verbal. Yakni berupa bahasa tubuh, gestur, dan ekspresi.

Seringkali, aspek ini tak banyak jadi bahan perhatian para kandidat yang hendak melamar kerja. Padahal, komunikasi non verbal justru menjadi penilaian sendiri bagi pihak HRD.

Kenapa? Sebab, bahasa tubuh ataupun gestur tubuh saat kamu sedang diwawancarai, bisa menunjukkan apa yang sedang sedang kamu pikirkan.

Ingat, HRD perusahaan umumnya adalah orang yang ahli dalam bidang psikologi. Maka, bahasa non verbal seperti ini juga menjadi aspek yang diperhatikan oleh HRD.

Untuk aspek komunikasi nonverbal ini, kamu bisa melatih diri kamu dalam mengambil sikap saat hendak seleksi wawancara.

Misalnya, latih caramu duduk. Hindari duduk dengan posisi yang terlalu tegak mengingat justru memberikan kesan bahwa kamu sedang tegang dan panik. Tetapi, hindari pula duduk terlalu bungkuk. Karena, itu menunjukkan kamu kurang antusias dan kurang serius dalam seleksi wawancara.

4.      Hindari Jawaban Berbelit-Belit

Biasanya hal yang membuat kandidat terkendala dalam wawancara, karena menjawab pertanyaan dengan jawaban panjang yang tidak to the point.

Justru jawaban kamu yang terlalu panjang, akan membuat pewawancara terus bertanya. Kondisi ini akan semakin memperpanjang durasi wawancara.

Karena HRD merasa belum menerima jawaban yang tepat sesuai yang diinginkan oleh pihak HRD.

Maka dari itu, untuk menjawab pertanyaan, sebaiknya kamu menjawab secara ringkas namun mampu menjelaskan secara detail. Hindari untuk menjawab dengan penjelasan panjang lebar. Karena, HRD tidak butuh itu melainkan jawaban ringkas tetapi bisa mempresentasikan isi jawabanmu secara mendetail.

Hal ini merupakan aspek yang sangat perlu untuk kamu perhatikan agar nantinya proses seleksi wawancara bisa berjalan lancar sebagaimana mestinya.

5.      Ikuti Alur Pertanyaan Pewawancara

Percaya atau tidak, jika kamu bisa mengendalikan atau paling tidak bisa mengikuti alur pembicaraan HRD maka secara tak langsung kamu juga akan turut bisa menjawab pertanyaan secara tepat.

Hal ini juga mencakup bagaimana kamu mencermati setiap pertanyaan ataupun penjelasan yang disampaikan oleh pihak HRD.

Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali saat kamu menghadapi seleksi wawancara, hendaknya mengikuti alur setiap pertanyaan yang diajukan oleh pihak HRD. Sehingga, secara otomatis, kamu lambat laun akan menikmati sesi wawancara.

Saat kamu mulai bisa beradaptasi saat sesi ini maka kemungkinan besar seleksi wawancara pun akan berjalan lancar sesuai dengan yang kamu harapkan.

Sampai di sini, tentu kamu memahami beberapa aspek penting yang perlu dicermati agar wawancara kerja berjalan lancar.

Adapun jika kamu baru saja lulus dari bangku akademis, kamu bisa mengikuti program magang terlebih dahulu sebagai bekal pengalaman dalam bekerja.

Atau, kalau kamu ingin langsung kerja dan butuh info loker terpercaya, kamu bisa mencari platform yang menyajikan info lowongan kerja profesional. Seperti di Kandidat.id.

Kandidat.id, Platform Penyedia Info Lowongan Kerja Terlengkap

Butuh info lowongan kerja yang sesuai dengan kriteriamu? Perlu info loker terupdate? Kandida.id bisa kamu jadikan pilihan terbaik sebagai sumber info untuk mendapatkan lowongan pekerjaan.

Di sisi lain, hadir sebagai platform mencari kerja online terpercaya, tentu saja kamu bisa mencari info mengenai lowongan pekerjaan berbagai bidang di platform ini.

Sementara itu, dengan mengusung tagline Recruitment Digital Platform, web loker profesional Kandidat.id ini membuka kesempatan bagi kandidat yang tengah mencari info lowongan terbaru maupun pemberi kerja.

Oleh karena itu, kamu bisa mempercayakan info lowongan kepada tim Kandidat.id

Dapatkan Info Lowongan Kerja Online dari Sumber Terpercaya

Di era saat ini, mencari pekerjaan bukan hal yang mudah. Bahkan, justru karena banyaknya kandidat pencari kerja, seringkali dimanfaatkan sebagai modus penipuan yang mengatasnamakan buka lowongan kerja.

Maka dari itu, bagi kamu yang sedang mencari loker, hendaknya harus cermat. Untuk meminimalisir penipuan, kamu bisa menggunakan platform digital penyedia info lowongan terpercaya, seperti Kandidat.id.

Pasalnya, platform ini hadir sebagai platform pencari kerja yang aman. Karena, setiap perusahaan yang membuka loker di portal ini adalah perusahaan profesional yang kredibel, bukan abal-abal. Sehingga, potensi penipuan pun bisa diminimalisir.

Oleh karenanya, kamu bisa mempercayakan informasi loker terbaru melalui portal lowongan pekerjaan dengan berbagai pilihan bidang yang bisa kamu sesuaikan dengan keahlian kamu.

Cukup dengan download aplikasi KANDIDAT via Google Play Store atau Apple Store. Kemudian, registrasi akun dan aktifkan membership untuk menikmati semua fitur dan layanan yang tersedia pada aplikasi KANDIDAT. Maka, kamu akan mendapatkan info loker terbaru yang sesuai dengan pilihan kamu.

Sampai di sini, cukup mudah bukan? Jadi, tunggu apalagi? Butuh info loker dari sumber yang kredibel? Kandidat.id solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar