Cara Merawat Tanaman yang Benar

Bagi yang gemar berkebun punya Ketika menemukan tanaman yang layu atau mati akan menimbulkan rasa kesal. Oleh karena itu agar tidak terulang lagi lebih baik melakukan evaluasi dengan cara merawat tanaman yang benar. Dengan begitu akan terlihat lebih sehat.

Cara Merawat Tanaman yang Benar

Faktor utama dalam merawat tanaman yang benar yaitu medianya. Apabila medianya tepat maka kemungkinan tumbuhan menjadi subur sangatlah tinggi. Namun bukan hanya itu saja masih banyak teknik perawatannya seperti berikut ini.

  • Melakukan Teknik Penyiraman yang Tepat

Tanaman akan tumbuh subur dan berbuah banyak jika teknik penyiramannya dilakukan secara tepat. Namun dalam hal ini juga harus mengenal jenisnya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa mengetahui kebutuhan air yang diperlukan oleh tumbuhan tersebut.

Oleh karena itu untuk mengetahui kebutuhannya silahkan kunjungi bettermind.id. Sedangkan untuk waktu penyiraman lebih baik dilakukan pada pagi hari atau malam hari agar memiliki suplai air yang cukup.

  •  Pastikan telah Mendapat Sinar Matahari yang Cukup

Dalam hal ini juga harus mengetahui tentang kebutuhan sinar matahari pada tanaman. Hal itu memiliki tujuan untuk membantu dalam proses fotosintesis. Karena jika kebutuhannya kurang bisa menyebabkan menjadi layu bahkan mati.

Umumnya untuk tumbuhan buah dan sayur harus terkena sinar matahari selama 6 jam. Sedangkan jenis tanaman hias hanya 3 sampai 6 jam. Hal itu dikarenakan kemampuan dalam menyimpan air dan daya serapnya yang berbeda-beda.

  • Memotong Tanaman yang Kering

Memotong daun yang kering bertujuan agar tanaman lain menjadi lebih sehat dan tidak mudah layu. Lakukanlah kegiatan ini minimal 3 bulan sekali untuk jenis yang memiliki daun lebat. Di samping itu juga perlu melakukan pemupukan secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Alasan mengapa hal ini perlu dilakukan karena daun yang kering akan menyebarkan kerusakan pada bagian tanaman lainnya. Maka dari itu ketika menemukannya segeralah untuk memotongnya menggunakan gunting rumput.

Itulah pembahasan singkat tentang cara merawat tanaman yang baik dan benar. Namun perlu diketahui bahwa dalam menyiramnya hindari waktu siang hari. Hal itu dikarenakan bisa menyebabkan tumbuhan tersebut menjadi mati dan layu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar